Selasa, 24 Februari 2009

FENOMENA KECANDUAN MAIN GAME DI KALANGAN MAHASISWA

Sekilas tentang game online:

Dulu setau saya, pertama kali cuma ada 1 yaitu Nexia (skitar 6 taon lalu) lalu muncul Ragnarok Online yang sukses besar, dilanjutkan dengan ratusan varian-varian baru game-game online seperti GunBound, Tantra, Risk Your Life, Seal, Audition Online, dll dkk dsb. Kebanyakan bertipe RPG/Petualangan. Dalam permainan game online ini ada yg namanya level pemain, semakin sering si pemain memainkan petualangan character-nya di game itu, maka levelnya akan terus naik dan dari yang saya tau, hampir semua game ini menggunakan sistem voucher, jadi si pemain harus membeli voucher game tertentu seharga beberapa Rupiah untuk dapat memainkan game tertentu itu selama beberapa jam. Seperti pasir di pantai, game-game online ini sangat digandrungi oleh banyak orang di Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Kebanyakan dari mereka adalah pelajar, dari anak SD sampai mahasiswa, cowo dan cewe dan setau saya ada juga orang-orang dewasa yang suka bermain.


Dalam seminggu saja saya bisa lima hari bermain game. Biasanya sehari bisa main sampai 12 jam. ya rata-rata per hari menghabiskan uang buat main game dan beli makanan Rp 50.000,00. Gak sayang lah uang segitu yang penting saya senang. - Maya (26), penggemar permainan jaringan

Biasa sekali main sampai lima jam. - Reika (19), mahasiswi ATMA

Biasanya bisa sampai seharian saya main game online. Kalau dirata-rata sehari menghabiskan uang Rp 50.000,00 untuk maen game ini. – M Jainudin (20), mahasiswa STT TELKOM”


Benar-benar mengejutkan, bagaimana bisa generasi penerus bangsa ini berpola pikir seperti, hasil wawancara di atas. Game udah jadi candu, sama kaya narkotik, dan pemuda-pemudi bangsa menghabiskan waktu 5-12 jam sehari hanya untuk main game saja! ckckck…. 5 jam adalah waktu yang cukup lama untuk main game, yang notabene merupakan suatu pekerjaan yang sama sekali tidak produktif, apalagi ada yang main sampe 12 jam bahkan seharian, coba renungkan, dalam 5 jam tuh kira-kira kalian semua bisa nyelesein 2 laporan praktikum, namatin 1 novel, menghadiri 4 rapat, makan 20 piring, pergi Bandung-Sumedang-Bandung, coding 1 program cupu, ngaji 6 juz, deelel.


Klo menghitung jumlah uang yang di habiskan, sehari habis 50 ribu, klo main 5 hari seminggu, dan 1 bulan ada 4 minggu aja, 1 juta/bulan habis buat main game doang! Dan apa yang didapat dari main game itu? Cuma kesenangan semu! padahal, di negeri ini banyak banget orang yang kekurangan. Buruh pabrik yang penghasilannya UMR padahal anaknya banyak. penduduk kampung yang ga bisa beli susu, dan akhirnya bayinya dikasih air tajin, anak jalanan yang ada dimana-mana. (Dimas Putik Marijoe 153070367)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar